Alami Atasi Keputihan Tidak Normal

Keputihan dalam dunia medis disebut dengan Flour Albus adalah bentuk sekresi vagina yang terjadi pada wanita, dan sebagai masalah klasik yang terjadi pada kebanyakan kaum hawa. Namun mereka sampai saat ini masih belum mengetahui secara jelas mengenai penyebab keputihan itu sendiri dan kebanyakan menyepelekannya.

Padahal jika kondisi keputihan tidak ditangani dengan segera, maka bisa berbuah hal yang gatal, diantaranya adalah kehamilan ektopik atau hamil diluar rahim, dan kemandulan atau ketidaksuburan dan susah mendapatkan anak sebagai dampak dari keputihan. Dan yang harus diwaspadai adalah penyakit kanker pada organ reproduksi wanita, salah satunya adalah kanker serviks yakni kanker yang masuk dalam list kanker berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan dan bisa berujung pada kematian.

Keputihan Tidak Normal

Sebagai wanita yang ingin hidup sehat, jenis keputihan yang abnormal tersebut tentu tidak diharapkan bukan? Karena selain sangat menganggu, gejala ini ditakutkan akan menghadirkan hal lebih buruk lain yang tidak diinginkan.

keputihan abnormal yaitu keputihan penyakit yang disebabkan oleh kuman, parasit dan jamur. Selain bisa bertambah parah jika dibiarkan, keputihan abnormal bisa menulari pasangan seks.

Mengapa? karena pada lendir keputihan terkandung bibit penyakit dan kuman. Ada beberapa jenis kuman yang bisa mengotori vagina yaitu haemophilus, vaginalis, staphylococcus, escherichia coli, diptheroids.

ciri-ciri keputihan jenis abnormal adalah warna cairan kadang kecoklatan, hijau atau kuning dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kondisi ini kadang juga disertai dengan perasaan yang sangat gatal pada area kelamin. Hal-hal ini disebabkan terjadinya infeksi jamur pada vagina.

Seperti dijelaskan di atas, salah satu ciri keputihan abnormal adalah warnanya yang kehijauan, kental, gatal dan berbau. Biasanya muncul flek kekuningan yang membekas di celana dalam.

Parasit penyebab keputihan tersebar bebas di alam dan bisa menjangkiti wanita karena gaya hidup yang tidak sehat, air cebok yang tidak bersih, atau karena tertular di toilet umum.

Keputihan yang disebabkan jamur berbeda dengan yang disebabkan oleh parasit. Keputihan jamur berwarna putih susu, gatal yang lebih runyam, dan kadang muncul luka di bibir vagina karena garukan. Tidak jarang rasa gatal merembet ke selangkangan, lipatan perut, bahkan di lipat bawah sela payudara.

Jamur keputihan bisa menyebar ke mana-mana di bagian tubuh melalui jemari tangan. Jamur terbawa oleh kuku tangan sehabis menggaruk di lokasi keputihan dan menularkan ke bagian tubuh yang lain.

Oleh karenanya, bagi Anda yang mengalami ciri ciri keputihan tidak normal yang disebutkan diatas, maka sebaiknya mulai merawat dan mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang aman, alami, dan praktis untuk dilakukan.

Atasi Keputihan Abnormal

Jenis pengobatan keputihan sangat bergantung dari penyebabnya seperti jamur ataupun bakteri. Jadi jangan sampai Anda menggunakan obat yang tidak sesuai dengan penyebabnya karena keputihan bisa bertambah parah. Misalnya, keputihan yang disebabkan jamur maka harus diatasi dengan antijamur atau antiseptik kewanitaan, atau saat keputihan disebabkan oleh bakteri maka harus diatasi dengan antibiotik ataupun antiseptik kewanitaan. Jenis pengobatan pun beragam mulai dari pil yang diminum hingga salep ataupun cairan yang dioleskan di bagian dalam kemaluan.

Kantong teh

Percayakah Anda bahwa kantong teh bisa merawat vaginitis? Kantong teh ini bisa mengatasi efek samping penyakit keputihan yang berupa gatal-gatal. Rendam kantong teh blessstea di dalam air dan diamkan di dalam kulkas selama beberapa saat. Ketika sudah dingin, letakkan di atas area kewanitaan.

Bawang Putih

Bawang putih dikenal karena sifat antijamurnya. Jadi, pastikan bahwa Anda memasukkan 2-3 siung bawang putih dalam makanan sehari-hari Anda. Anda juga dapat mencoba untuk memberikan bawang putih lembut pada daerah yang terkena. Asalkan jika kulit Anda tidak melepuh atau memerah tentunya. Bungkus bawang putih dan cincang cengkeh dalam kain katun tipis dan oleskan pada daerah yang sangat lembut kewanitaan. Tolong jangan mencoba ini pada kulit yang terluka karena dapat menyebabkan rasa panas yang berlebihan.

Yogurt

Olahan susu ini kaya akan bakteri baik yang mampu melawan infeksi jamur. Untuk mengobati keputihan, makanlah yogurt tanpa gula atau pemanis buatan lainnya. Basahi kain kasa dengan yogurt, kemudian terapkan pada bagian tubuh yang terinfeksi. Cara ini dapat mengatasi keputihan dan rasa gatal yang timbul.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *