Kandungan Teh Hitam memiliki Banyak Manfaat

BlessteaTehHitam.com memiliki kemampuan yang mencakup seluruh manfaat dari secangkir teh hitam yang salah satunya adalah sebagai minuman yang dapat digunakan sebagai minuman kesehatan media terapi untuk berbagai pengobatan penyakit, anti oksidatif, dsb. Teh hitam  juga dibuat dengan cara memanfaatkan terjadinya oksidasi enzimatis terhadap kandungan katekin dalam tiap pucuk daun teh. Setiap jenis the pasti memiliki fungsi dan kashiatnya masing – masing. Dan dalam kandungan teh hitam terdapat beberapa kandungan senyawa yang memberikan banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. L- Theanin

Pada penelitian yang dilakukan oleh Jhon Foxe, Phd ditemukan bahwa Theanin dapat meningkatkan aktivitas gelombang Alpha otak sehingga kondisi pikiran lebih tenang namun juga lebih siaga. Kafein dalam daun teh bersifat sebagai stimulant atau perangsang syaraf, otot dan ginjal. Kafein teh juga bisa merangsang peningkatan aktivitas mental, menajamkan panca indra serta daya piker menjadi lebih jernih dan meningkat. L-Theanin bermanfaat untuk mengurangi tingkat stress karena mengandung efek relaksasi dan bermanfaat meningkatkan daya ingat.

  1. Katekin ( polifenol )

Kandungan teh hitam paling banyak mengandung katekin atau polifenol. Menurut beberapa sumber, kemampuan katekin untuk menangkap radikal bebas 100 kali lebih efektif dari pada Vitamin D. Katekin merupakan antioksidan, anti kanker, anti diabetes, anti mutagenic dan anti penyakit lainnya. Turunan katekin atau polifenol ini dalam bentuk Epicatechin ( EC ), Epicatechin Gallat ( ECG ), Epigallo Catechin ( EGC ) dan Epgiallocatechin Gallat ( EGCG ) ternyata memiliki kemampuan antioksidan yang tinggi. Katekin ini mampu memperkuat dinding pembuluh kapiler dan memperlambat proses atherosclerosis ( Jean Carper, dalam The food Pharmacy ). Kandungan katekin dapat pula membunuh Helicobar Pylory, bakteri pemicu penyakit lambung.

  1. Vitamin dan Mineral

Dalam kandungan teh hitam juga terdapat vitamin B1, B2, C, E dan K. Mineral Magnesium, Fluoride, mangaan dan kalsium

  1. Flavonoid

Flavonoid dengan kadar yang tinggi yang bersifat antioksidan, hipokolesterolemik dan kariostatik ang dapat mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah. Flavonoid merupakan suatu kelompok antioksidan yang secara alamiah terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman, seperti teh dan anggur. Flavonoid berfungsi sebagai senyawa alamiah yang dapat membentuk sifat antimikroba, anti radang dan antioksidan. Yang mampu menghambat penggumpalan sel –sel platelet darah sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah pada mencegah penyakit jantung koroner dan Stroke ( Jhon Folts, Departemen of Medicine Universitas Wisconsin, AS ). Flavonoid juga sebagai antioksidan Quercetin, Myricetin dan Kaemfrol.

  1. Theaflavin

Beberapa sumber Healthy Guide, dll mnyebutkan Theaflavin mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan Katekin sebagai antioksidan yang merupakan antioksidan turunan yang dihasilkan dari proses aksimatis pada pengolahan Teh Hitam. Theaflavin merupakan antioksi alami yang sangat potensial.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *