Atasi Penyakit Jantung

Jumlah orang yang mengalami kematian penyakit jantung lebih besar tiga kali lipat dari kematian yang disebabkan AIDS, TBC, dan malaria. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Federasi Jantung Dunia mengatakan, risiko kematian dini akibat penyakit jantung bisa menurun sebesar 25 persen pada 2025.

Penyakit Jantung

jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.

 

Aterosklerosis terjadi jika terjadi penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang beberapa waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri, dan menghambat aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner atau coronary artery disease (CAD) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.

Atasi Penyakit Jantung

Teh hitam mungkin tidak memiliki banyak polifenol sebagai mitra hijau, tapi perubahan polifenol selama proses oksidasi menghasilkan satu set senyawa unik yang memiliki manfaat kesehatan jantung mereka sendiri. teh melindungi partikel LDL dari menjadi teroksidasi, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri dan dapat menyebabkan aterosklerosis, menurut Janet Obligasi Brill, PhD, RD, LDN, CSSD, seorang ahli pada makanan dan kebugaran untuk kesehatan jantung

  • Bawang putih

Bawang putih tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh saja, tetapi bawang putih juga dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu penyakit yang dapat di sembuhkan dengan menggunakan bawang putih yaitu penyakit jantung. Oleh sebab itu banyak mengkonsumsi bawang putih akan menyehatkan jantung, walaupun efek buruk nya akan membuat bau badan menjadi kurang enak tetapi masih dapat diatasi dengan menggunakan deodoran.

  • Yoghurt

Menurut sebuah studi dari Institut Kesehatan Griffith dan School of Medicine di Australia, dosis harian ‘bakteri baik’ atau probiotik dari yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Satu teori mengatakan bahwa bakteri ‘baik’ melawan proses inflamasi terkait dengan penyakit jantung.

  • Kunyit

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit efektif mencegah aterosklerosis. Pasalnya, kunyit mengandung curcumin, yang menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi oksidasi kolesterol, penumpukan plak, dan pembentukan gumpalan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *